Sharing seputar informasi BPJS Kesehatan dan ketenagakerjaan terbaru

Rabu, 03 Agustus 2016

Cara Pindah Peserta Dari Perusahaan Ke Mandiri Perorangan Gratis

Menjadi peserta bpjs itu bersifat wajib dan artinya walaupun punya asuransi lain diharapkan peserta tetap mendaftar bpjs karena bpjs adalah program kesehatan pemerintah.

Banyak pertanyaan muncul lalu bagaimana jika pindah peserta dari perusahaan ke mandiri perorangan misalnya saja anda resign atau keluar dari perusahaan dan pindah ke luar kota,silahkan urus pindah jenis peserta dan juga pindah faskes domisili anda juga.

Nah jika ada pindah ke peserta bpjs nantinya tiap bulan anda harus bayar premi atau iuran dengan deadline tanggal 10 setiap bulanya.

Biasanya saat pindah ke mandiri nanti syarat ditambah yakni harus punya buku tabungan karena harus daftar autodebet.

Untuk mengurus pindah peserta dari PPU ke Mandiri caranya sebagai berikut.



Cara Pindah Kepesertaan BPJS Kesehatan dari Perusahaan ke Perorangan

Untuk mengubah status kepesertaan BPJS Kesehatan dari PPU ke PBPU atau dari perusahaan ke mandiri harus dilakukan secara offline. Peserta datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat, minta nomor antrean, kemudian setelah dipanggil silakan sampaikan maksud Anda kepada peutas untuk pindah status BPJS Kesehatan dari peserta PPU ke perorangan.
Adapun persyaratan pindah kepesertaan BPJS Kesehatan dari perusahaan ke perorangan adalah:
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)/ SIM
  • Buku Tabungan
  • Foto ukuran 3 x 4
  • Kartu Peserta BPJS PPU
Setelah proses pindah status selesai, Anda bisa membayar iuran bulana BPJS Kesehatan secara mandiri.
Apabila petugas meminta Anda mendaftar ulang BPJS Kesehatan, coba konfirmasi lagi ke petugas karena nomor KTP Anda sudah terdaftar sebagai peserta PPU. Apabila petugas tetap menyarankan demikian, silakan ikuti petunjuknya.

Sesuai aturan, semua anggota keluarga yang tertera dalam kartu keluarga harus terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan. Maka apabila saat pindah status kepesertaan ada anggota keluarga Anda belum terdaftar, Anda harus mendaftarkannya bersama dengan Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Pindah Peserta Dari Perusahaan Ke Mandiri Perorangan Gratis

0 komentar:

Posting Komentar