Sharing seputar informasi BPJS Kesehatan dan ketenagakerjaan terbaru

Jumat, 05 Agustus 2016

Penyakit Hernia Ditanggung BPJS Kesehatan Ini Prosedurnya

Hernia, atau yang lebih dikenal dengan turun berok, adalah penyakit akibat turunnya buah zakar seiring melemahnya lapisan otot dinding perut. Penderita hernia, memang kebanyakan laki-laki, terutama anak-anak. Kebanyakan penderitanya akan merasakan nyeri, jika terjadi infeksi di dalamnya, misalnya, jika anak-anak penderitanya terlalu aktif.

Berasal dari bahasa Latin, herniae, yaitu menonjolnya isi suatu rongga melalui jaringan ikat tipis yang lemah pada dinding rongga. Dinding rongga yang lemah itu membentuk suatu kantong dengan pintu berupa cincin. Gangguan ini sering terjadi di daerah perut dengan isi yang keluar berupa bagian dari usus.
Hernia yang terjadi pada anak-anak, lebih disebabkan karena kurang sempurnanya procesus vaginalis untuk menutup seiring dengan turunnya testis atau buah zakar. Sementara pada orang dewasa, karena adanya tekanan yang tinggi dalam rongga perut dan karena faktor usia yang menyebabkan lemahnya otot dinding perut.
Penyakit hernia banyak diderita oleh orang yang tinggal didaerah perkotaan yang notabene yang penuh dengan aktivitas maupun kesibukan dimana aktivitas tersebut membutuhkan stamina yang tinggi. Jika stamina kurang bagus dan terus dipaksakan maka, penyakit hernia akan segera menghinggapinya.
BPJS Kesehatan menjawab, bagi peserta BPJS Kesehatan yang telah aktif dan menderita penyakit Hernia atau bahkan harus di operasi penyakit tersebut dapat ditanggung BPJS Kesehatan, tentunya hal tersebut harus sesuai prosedur dan sesuai dengan indikasi medis.

Sistem pertanggunan penyakit di BPJS Kesehatan menggunakan sistem rujukan berjenjang, anda terlebih dahulu berobat di faskes 1  (Puskesmas, Klinik, Dokter Keluarga).  Apabila peserta memiliki indikasi medis yang mengharuskan untuk dirujuk ke Rumah sakit.
Faskes 1 akan memberikan surat rujukan ke rumah sakit yang ditunjuk untuk menggunakan Jaminan Kesehatan dari BPJS Kesehatan, dan Biaya pengobatan dan perawatan atas penyakit hernia yang diderita akan di tanggung.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyakit Hernia Ditanggung BPJS Kesehatan Ini Prosedurnya

0 komentar:

Posting Komentar