Sharing seputar informasi BPJS Kesehatan dan ketenagakerjaan terbaru

Kamis, 04 Agustus 2016

Perbedaan Dan Persamaan BPJS Dengan KIS Kartu Indonesia Sehat

selang beberapa lama dilantik pak jokowi mengumumkan pembagian karti KIS atau kartu indonesia sehat,banyak orang berpendapat bahwa kartu KIS akan menggantikan kartu BPJS namun kabar tersebut di tepis pemerintah katanya kartu KIS dan BPJS akan sejalan.

Sebagian orang namun masih bingung perbedaanya apa dan persamaanya apa karena 2 kartu tersebut jug sama sama dari pemerintah,kartu KIS dirancang untuk warga kurang mampu,kartu ini juga jangkauan lebih luas karena tidak mengenal kota dan lebih mudah di gunakan.berikut persamaan dan perbedaan KIS.







Persamaan BPJS Kesehatan dan KIS:
  1. Keduanya berprinsip memberikan bantuan bagi rakyat miskin yang ingin berobat.
  2. Bentuknya berupa kartu untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan fasilitas kesehatan.
Perbedaan BPJS Kesehatan dan KIS:
  1. KIS adalah program jaminan kesehatan untuk warga kurang mampu, sedangkan BPJS merupakan Badan Pengelola-nya.
  2. KIS terbatas hanya untuk rakyat miskin dan kurang mampu, sedangkan kartu Jaminan Kesehatan Nasional yang juga dikelola BPJS wajib dimiliki warga negara Indonesia baik mampu ataupun kurang mampu. Masyarakat kurang mampu atau penerima bantuan iuran (PBI) iurannya ditanggung oleh pemerintah.
  3. KIS dapat digunakan di klinik, puskesmas dan rumah sakit mana pun di seluruh Indonesia, sedangkan BPJS Kesehatn terbatas pada wilayah yang didaftarkan.
  4. Pemakaian KIS bisa untuk segala perawatan kesehatan, baik untuk pencegahan maupun pengobatan. Sedangkan dalam praktiknya, kartu JKN yang dikelola BPJS hanya bisa dipakai ketika Anda benar-benar sedang sakit atau dirawat.
Itulah beberapa persamaan dan perbedaan KIS dan BPJS Kesehatan, semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perbedaan Dan Persamaan BPJS Dengan KIS Kartu Indonesia Sehat

0 komentar:

Posting Komentar