Sharing seputar informasi BPJS Kesehatan dan ketenagakerjaan terbaru

Senin, 03 Oktober 2016

Operasi Yang Ditanggung BPJS Kesehatan Yang Harus Anda Tahu

Kelebihan bpjs adalah hampir menanggung semua penyakit dan tindakan medis seperti operasi,tentu bpjs memang sangat recomended banget karena mampu melindungi masyarakat indonesia dengan biaya berobatnya yang muahal.
Pertanyaan – pertanyaan para peserta BPJS Kesehatan masuk kepada kami, bertanya mengenai apakah biaya operasi di tanggung oleh BPJS? Jika peserta berobat sesuai dengan presedur yang berlaku maka semua biaya akan di cover oleh BPJS.

Secara surat keputusan dan aturan yang telah ditetapkan BPJS dalam nomor28 Tahun 2014, BPJS akan menanggung semua pengobatan yang memenuhi syarat dan prosedur. Prosedurnya seperti Apa? Peserta BPJS Kesehatan dapat berobat ke Faskes 1 dan kemudian jika faskes 1 tidak dapat menangani maka peserta akan di rujuk ke rumah sakit.
Menjawab pertanyaan mengenai apakah biaya operasi di tanggung BPJS. Jawab nya IYA, bagi peserta yang berobat sesuai dengan prosedur dan operasi yang ditanggung BPJS yang bersifat pengobatan, adapun operasi apa saja yang dapat di cover BPJS adalah sebagai berikut :
Operasi Jantung, Operasi Caesar, OperasiKista, Operasi Miom, Operasi Tumor , Operasi Odontektomi , Operasi Bedah Mulut , Operasi Usus Buntu, , Operasi Batu Empedu , Operasi Mata, Operasi Bedah Vaskuler , Operasi Katarak , Operasi Hernia , Operasi Amandel , Operasi Kaner , Operasi Pencabutan PEn , Operasi Penggantian Sendi Lutut , Operasi Timetomi , Operasi Kelenjar Getah Bening. Hampir semua Operasi ditanggung BPJS
Operasi yang tidak ditanggung BPJS Kesehatan :
Operasi yang disebabkan karena kecelakaan lalu lintas, karena itu menjadi tanggung jawab dari Jasa Raharja.
Operasi yang disebabkan karena efek dari salah penggunaan kosmetik, misalnya terjadi infeksi dan kemudian mengalami luka yang mengharuskan operasi keloid.
Operasi yang disebabkan karena kesalahan diri sendiri, misalnya seseorang bermain petasan yang menyebabkan dirinya terluka dan harus operasi maka itu tidak menjadi tanggung jawab bpjs.

Prosedur agar Operasi ditanggung BPJS
Peserta Wajib mematuhi persyaratan dan mengikuti prosedur yang berlaku di BPJS Kesehatan, yaitu periksa ke faskes 1 terlebih dahulu (faskes 1 tertera pada kartu peserta yang anda miliki) kemudian , jika memang mengharuskan tindakan operasi maka dokter akan memberikan surat rujukan ke rumah sakit. Saat di rumah sakit, dokter khusus akan menangani anda.
Syarat yang harus anda bawa saat pergi ke rumah sakit, yaitu bawa kartu BPJS anda, kemudian kartu Pasien, serta Rujukan yang diberikan dari Faskes 1 (klinik atau puskesmas). Sedangkan bagi peserta yang harus mendapatkan tanganan medis (gawat darurat) maka bisa lansgung di bawa ke rumah sakit tanpa harus ke faskes 1.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Operasi Yang Ditanggung BPJS Kesehatan Yang Harus Anda Tahu

0 komentar:

Posting Komentar